Jurusan yang ada di Universitas Mataram

 Bagi kamu yang sudah tidak sabar menunggu waktu lama lagi untuk segera berkuliah di Universitas Mataram (Unram), Kami akan memberikan ulasan tentang berbagai jurusan yang ada di kampus Universitas MataramJadi, total fakultas yang tersedia di Unram ada 9. Masing-masing fakultas mempunyai beberapa jurusan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.
 Kamu dapat memilih satu jurusan yang paling sesuai dengan minat, passion, dan rencana kariermu di masa mendatang. Ingat ya, kamu harus cermat dalam memilih agar tidak sampai salah jurusan karena pilihanmu akan sangat berpengaruh bagi jenjang kariermu sendiri. Dan yang terpenting jangan sampai kamu merasa tidak nyaman ketika sudah diterima di jurusan yang kamu pilih.
Berikut ulasannya fakultas yang ada di Unram :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unram terbagi menjadi sembilan jurusan berikut:
  • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
  • Jurusan Pendidikan Matematika
  • Jurusan Pendidikan Biologi
  • Jurusan Pendidikan Kimia
  • Jurusan Pendidikan Fisika
  • Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan akan mempersiapkanmu menjadi tenaga pendidik yang handal dalam bidang-bidang yang kamu pelajari nantinya. Quipperian berminat menjadi guru sekolah dasar? Segera pilih jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ya. Kamu pun akan dibekali dengan ketrampilan agar kamu menjadi pendidik yang tidak hanya cerdas, tetapi juga luwes dalam menyampaikan materi.

Fakultas Hukum

Di fakultas ini, kamu tidak hanya diajarkan dasar-dasar ilmu hukum, tetapi sampai kepada tahap menganalisis masalah-masalah hukum dalam masyarakat. Sehingga, diharapkan lulusan fakultas hukum mampu memecahkan masalah-masalah hukum dengan arif dan bijaksana dengan tetap berdasarkan pada prinsip-prinsip dan ilmu hukum. Banyak pilihan karier yang bisa diambil oleh lulusan fakultas ini, di antaranya teknisi ilmu forensik, pegawai identifikasi dan rekam jejak kepolisian, detektif dan investigator swasta, intel polisi dan militer, petugas hakim hukum administratif, dan pengacara.

Fakultas Ekonomi

Jenjang pendidikan di Fakultas Ekonomi terdiri dari program diploma (D3) dan program sarjana. Berikut ulasan singkatnya:
  • D3 Akuntansi
Di D3 kemampuanmu akan lebih bersifat teknis dengan mempelajari ilmu praksis dari akuntansi. Ilmu ini bisa kamu praktikan ketika kamu bekerja di antaranya sebagai juru taksir, atau pegawai persiapan pajak.
  • D3 Perpajakan
Lulusan D3 Perpajakan diharapkan mampu menangani administrasi perpajakan, mampu dan terampil melaksanakan pencatatan transaksi-transaksi keuangan badan usaha menurut metode akuntansi, mampu memproses data akuntansi yang ada, menyiapkan/menyusun laporan keuangan suatu badan usaha, serta informasi lainnya dari aspek perpajakan untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Beberapa pilihan karir begitu kamu lulus dari D3 Perpajakan di antaranya adalah ahli perencanaan pajak, asesor (pajak dan keuangan), dan konsultan bea cukai.
  • Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Kalau Quipperian berminat menjadi agen revenue, pengajar bisnis, atau konselor peminjaman, jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) sangat cocok buat kamu.
Karena di jurusan IESP, kamu akan diajarkan cara melakukan analisis permasalahan perekonomian dan aplikasinya dalam kehidupan nyata di masyarakat seperti kemiskinan, kerusakan lingkungan, pariwisata, agribisnis, pengelolaan keuangan mikro dan berbagai persoalan pembangunan masyarakat. Mereka juga dididik agar nantinya diharapkan memiliki keahlian kewirausahaan, kompetensi sosial, dan berbagai soft skill lainnya yang diharapkan menjadi bekal dalam berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat.
  • Jurusan Manajemen
Program Studi Manajemen mempelajari berbagai konsep, prinsip, pendekatan dan proses manajemen dalam pengelolaan organisasi. Pengembangan potensi yang diharapkan adalah penyelenggaraan pendidikan jenjang Sarjana (S1) bagi masyarakat melalui pengamalan ilmu pengetahuan di bidang bisnis dan manajemen dengan senantiasa menjunjung tinggi etika. Setelah lulus, kamu bisa memilih bidang pekerjaan seperti manajer produksi industri, manajer periklanan dan promosi, atau analisis riset pasar dan spesialis pemasaran.
  • Jurusan Akuntansi
Kalau kamu mengambil jurusan ini, kamu akan mendapatkan keahlian tentang pengaturan transaksi keuangan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi bisnis. Beberapa pilihan karier yang sejalan dengan ilmu dari jurusan ini di antaranya perencana bisnis berkelanjutan, manajer pemasaran, pengawas imigrasi dan bea cukai, atau pemeriksa keuangan.

Fakultas Pertanian

  • Jurusan Agroekoteknologi
Kalau kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mendapatkan matakuliah yang seru, seperti agroklimatologi, biokimia pertanian, genetika, dan ilmu hama. Bagi Quipperian yang ingin menjadi manajer pembibitan dan rumah kaca, ahli konservasi tanah dan air, atau ahli teknologi kulit, jurusan ini pas buat kamu.
  • Jurusan Agribisnis
Sebenarnya core utama dari jurusan ini tetap di bisnis, tetapi ditekankan pada aspek bisnis pertanian. Kurikulum yang disajikan, antara lain kewirausahaan, ekonomi pertanian, manajemen agribisnis, tata niaga pertanian, dan manajemen usaha tani serta perkebunan. Setelah lulus, kamu bisa menjadi pengajar ilmu agrikultural, peneliti tanah dan tumbuhan, atau manajer pembibitan.
  • Jurusan Budidaya Perairan
Jurusan ini akan mengajarkanmu tentang budidaya perairan yang di antaranya meliputi perikanan. Kalau kamu ingin jadi peneliti laut dan air, pembudidaya ikan, atau pegawai kementerian kelautan dan perairan, pilih jurusan ini ya.
  • Jurusan Kehutanan
Sesuai dengan namanya, di jurusan ini kamu lebih banyak bersinggungan dengan materi kehutanan yang sangat kompleks. Ahli konservasi tanah dan air, pengawas hutan, atau spesialis konservasi alam, bisa menjadi pilihan pekerjaanmu setelah lulus.

Fakultas Teknik

  • Jurusan Teknik Sipil
Jurusan ini lekat sekali dengan dunia konstruksi bangunan, seperti pembangunan gedung, jalan raya, jembatan, dan berbagai bentuk lainnya. Tentu ini akan menarik bagi kamu yang ingin berkarier di bidang kontruksi.
  • Jurusan Teknik Elektro
Bagi kamu yang suka mendesain bangunan atau wilayah, kayaknya jurusan ini paling cocok buat kamu. Di sini kamu akan belajar banyak hal tentang dunia arsitektur yang terkenal sangat keren itu. Ilmu ini bisa kamu praktikan ketika kamu bekerja di antaranya sebagai arsitek, ahli teknik elektronik, dan ahli mekatronik.
  • Jurusan Teknik Mesin
Jika kamu tertarik di dunia permesinan, jurusan ini wajib kamu pilih. Di jurusan ini kamu dapat menimba ilmu seputar pengukuran teknik dan instrumentasi, elemen mesin, metalurgi teknik, mekanika kekuatan material, dan analisa numerik. Beberapa pilihan karir begitu kamu lulus dari Teknik Mesin di antaranya adalah spesialis otomotif, mekanik mesin industri, atau spesialis robotik.
  • Jurusan Teknik Informatika
Kalau Quipperian ingin menjadi growth hacker, programmer, atau manajer system komputer dan informasi, jurusan Teknik Informatika sangat cocok buat kamu. Karena di jurusan ini kamu akan mendapatkan ilmu tentang segala hal yang berhubungan dengan komputer beserta segala rekayasanya.

Fakultas Kedokteran

Di fakultas ini hanya ada satu jurusan, yaitu program studi pendidikan dokter. Tujuan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram adalah mempersiapkan lulusan dokter yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika yang tinggi sehingga mampu bekerja secara profesional pada Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) strata pertama.  
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dididik untuk mencapai area kompetensi sesuai yang disyaratkan oleh Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Setelah lulus, kamu bisa memilih bidang pekerjaan seperti pemeriksa medis, ahli biomedik, koordinator riset klinis, ahli epidemiologi, atau manajer data klinis.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Tibalah saat kita masuk ke fakultas MIPA. Fakultas ini adalah favorit bagi kamu yang sejak awal sangat gemar dengan matematika dan IPA. Memang terkesan hampir sama dengan FKIP yang terdapat jurusan pendidikan matematika dan IPA. Tetapi, di fakultas ini kamu bukan disiapkan untuk menjadi guru, melainkan menjadi ilmuwan sesuai dengan bidang atau jurusan masing-masing. Berikut jurusan yang ada di fakultas MIPA Unram:
  • Jurusan Matematika
Jurusan ini tentu saja mengajarimu lebih jauh soal dunia matematika. Selain kamu bisa membangun karier sebagai ilmuwan matematika, kamu bisa juga menjadi praktisi di perusahaan atau lembaga yang menawarkan pekerjaan di bidang matematika.
  • Jurusan Kimia
Banyak perusahaan yang membutuhkan ahli kimia. Selain itu, kamu tentu bisa menjadi seorang peneliti bidang kimia yang menemukan inovasi-inovasi strategis di bidangnya. Quipperian yang ingin menjadi analis kontrol kualitas, spesialis keselamatan lingkungan, atau ahli biokimia dan biofisika, jurusan ini cocok buat kamu.
  • Jurusan Biologi
Program Studi Biologi adalah salah satu Program Studi di Fakultas MIPA Unram yang diarahkan untuk menciptakan sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan kosentrasi di bidang bioteknologi dan biologi kelautan. Setelah lulus, kamu bisa menjadi ahli proses biologi, pegawai identifikasi dan rekam jejak kepolisian, atau ahli biologi molekul dan sel.
  • Jurusan Fisika
Bagi kamu yang punya keingintahuan tinggi tentang berbagai fenomena fisika di alam ini, kamu perlu menempatkan jurusan ini menjadi prioritas. Sebab, di jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang fisika, sehingga kamu juga dipersiapkan menjadi ilmuwan bidang tersebut. Kalau kamu ingin jadi peneliti atmosfir, ahli biofisika, atau ahli hidrologi, pilih jurusan ini ya.

Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri

  • Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dahulunya bernama program studi Teknologi Hasil Pertanian di bawah pengelolaan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan bertujuan menghasilkan lulusan yang ahli di bidang   pangan (Food Technologist) dengan kualifikasi mampu dan profesional dalam menerapkan ilmu   dan  teknologi   pangan  yang mencakup kimia, biokimia  dan analisis  pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa pangan,  ilmu  pangan terapan,   manajemen  pada  sistem seleksi, pengawetan, pengolahan, pengemasan, distribusi  dan  pemanfaatnan bahan pangan dengan baik, aman dan ber-mutu.
Kurikulum PS ITP disusun dengan mempertimbangkan  perkembangan  ilmu  dan teknologi pangan yang mengacu kepada anjuran kurikulum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan   International Food Technology (IFT). Peneliti dan ahli teknologi pangan, ahli diet dan nutrisi, ahli pertanian, bisa menjadi pilihan pekerjaanmu setelah lulus.
  • Program Studi Teknik Pertanian
Tujuan kurikulum Program Studi  Teknik  Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram  menghasilkan lulusan yang mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan dasar-dasar  teknik  (engineering) di  bidang pertanian, biosistem dan agroindustri  berwawasan lingkungan. Kurikulum PS TEP disusun berdasarkan anjuran kurikulum Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia  (PERTETA) dan   Kurikulum Internasional ASABE (American Sociery of Agricultural and Biological Engineering). Ilmu ini bisa kamu praktikan ketika kamu bekerja di antaranya sebagai pengajar ilmu agrikultural, manajer pertanian dan peternakan, ahli konservasi tanah dan air.

Fakultas Peternakan

Nama fakultas ini sedikit mengalami perubahan, yaitu dari Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan menjadi Fakultas Peternakan. Fakultas ini berfokus untuk mengembangkan daya kritis dalam proses pengajaran dan melakukan penelitian sehingga dihasilkan lulusan S1 Peternakan yang berkualitas dan profesional, mampu mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, serta memiliki kapasitas akademik untuk memberikan pemecahan atas berbagai masalah peternakan. Di antara Quipperian ada yang ingin menjadi manajer peternakan, ahli peternakan dan pengembangbiakan hewan, atau ahli epidemiologi? Fakultas Peternakan pas buat kamu.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Kuliah di Universitas Mataram